Minggu, 14 Agustus 2011

Apa itu cinta?

  1. Banyak orang yang bertanya-tanya, apa arti cinta? Banyak orang yang menjawab bahwa cinta itu indah, cinta itu menyenangkan, cinta itu bahagia, cinta bagaikan kain putih dan cinta bagaikan sesosok malaikat dari langit. Tapi apakah semua orang merasakan hal yang sama mengenai cinta? Mungkin memang ada banyak orang yang mengatakan demikian, namun banyak juga orang yang justru menganggap bahwa cinta itu bursyit, cinta itu kepalsuan, cinta itu musibah. Hal tersebut tidak semata-mata terbentuk dengan sendirinya, melainkan memang ada banyak orang yang jatuh karena cinta.
                Tapi kenapa masih juga banyak orang yang mengemis-ngemis cinta? Padahal mereka tahu bahwa pria atau wanita itu jumlahnya masih sangat banyak. Mungkin apabila pria yang meminta-minta cinta dari seorang wanita, itu adalah hal yang sangat wajar. Namun coba kita lihat pada zaman sekarang, jangankan pria, wanita saja berani mengejar-ngejar cinta dari seorang pria, bahkan dia sampai rela merelakan harga dirinya hanya demi seorang pria, dan dia juga rela memberikan seluruh dirinya hanya untuk seorang pria yang belum jelas memberikannya status. Sebenarnya apa yang telah terjadi pada zaman sekarang ini?
                Namun itulah cinta, yang terkadang cinta bisa merusak akal sehat dan juga membuat Aorang menjadi gila karena cinta, begitulah tutur para pujangga zaman dulu. Cinta itu bagaikan doktrin yang dapat mempengaruhi seseorang bertindak di luar kendalinya, itulah mengapa banyak orang yang bilang mabuk karena cinta.
                Ini memang kekuasaan tuhan, karena Tuhan telah memberikan anugerah yang terindah dalam hidup ini, yaitu cinta. Mungkin ada orang yang menganggap bahwa cinta itu tidak ada, tapi hal itu mereka katakan karena mereka memang belum pernah menemui cinta yang dalam dan suci.
    Sebenarnya aku sering ingin bertanya, apa maksud dari kata cinta? Akupun masih sangat bingung dengan cinta. Hal apa saja yang bisa kita dapatkan dari sebuah arti cinta? Terkadang aku suka bertanya-tanya mengapa ada banyak orang yang mampu melakukan apapun demi cinta.
                Tapi aku belum pernah merasakan cinta yang sesungguhya. Aku belum paham apa itu cinta, tapi aku hanya bisa menyimpulkan tentang cinta, hanya dari riset-riset yang telah beberapa kali ku lakukan. Menurutku, cinta itu memang indah umtuk orang yang sudah mnenemukan true love nya. Tapi masih banyak orang yang mempermainkan cinta, menganggap bahwa cinta itu adalah sebuah permainan yang mengasyikkan. Apakah orang-orang yang melakukan hal tersebut, tidak mengetahui arti dari cinta?
                Justru aku kasihan dengan orang-orang yang demikian, berarti orang-orang tersebut sama saja orang yang tidak memiliki hati, karena cinta itu adalah perasaan. Aku memang sudah beberapa kali merasakan jatuh cinta, tapi aku belum pernah merasakan cinta yang benar-benar dalam. Menurutku itu masih wajar karena ku masih berusia 15 tahun, jadi aku masih sekedar cinta-cinta monyet, kata-kata itu adalah kata-kata yang tidak asing di telingaku.
                Aku sudah sering bertanya kepada orang lain, mengenai pendapat mereka tentang cinta, mereka memang bisa menjelaskan berbagai macam pengertian cinta dengan baik, tapi pada kemyataannya  mereka tidak bisa menjalankan cinta dengan baik. Padahal mereka bilang kalo cinta itu suci, putih, murni, abadi, bagaikan bayi yang baru lahir.
                Tapi, tapi, tapi....... aku melihat banyak sekali penyelewengan cinta, banyak orang yang bermain api dengan cinta. Seharusnya mereka tidak sepantasnya melakukan hal tersebut, itu sama saja mencerminkan bahwa mereka adalah orang yang tidak mengerti apa itu cinta, tapi mereka bergaya seakan-akan mereka adalah ahli dalam cinta. Menurutku orang yang seperti itu sama saja, orang yang bertindak tanpa berfikir.
                Banyak sekali orang yang melakukan hal tersebut, jangankan mereka orang-orang yang sudah dewasa, para pelajarpun sangat banyak yang melakukan hal tersebut. Sesungguhnya aku merasa prihatin dengan orang-orang seperti itu. Anak –anak muda yang masih sekolah sudah disibukkan dengan urusan percintaan yang kurang penting untuk mereka kedepannya. Emang sich, cinta itu cukup penting, tapi untuk para pelajar, belajar itu jauh lebih penting daripada cinta.
                Sebernya sich gak masalah kalo anak pelajar udah suka pacaran, tapi akan lebih baiknya kalo mereka jangan pacaran dulu, karena ku yakin bahwa percintaan akan mengganggu kesehariaanya baik dari segi waktu, pelajaran, dan konsentrasinya pun akan terganggu. Apalagi kalo kita lihat gaya pacaran anak pelajar saat ini, mereka sudah seperti tidak menggunakan norma sama sekali padahal negara kita adalah negara timur yang sangat memperhatikan norma, negara kita juga negara yang sangat menjaga kultur budaya, tapi kenapa dengan zaman sekarang?
                Mereka sudah menganggap bahwa pelukan, ciuman, meraba-raba itu adalah hal yang biasa dan lumrah untuk dilakukan, jangankan itu sampai saat ini sudah lebih dari 70% pelajar SMA dan mahasiswa di indonesia yang sudah tidak perawan. Aku sangat miris mendengar hal tersebut. Ayolah teman, orang tua kita membiayai kita sekolah dengan sangat mahal, ayo kita berlomba-lomba untuk membahagiakan orang tua, kita harus memikirkan masa depan kita sejak sekarang. Karena masa depan itu adalah rencana, rencana itu adalah kerangka berupa mimpi dan harapan yang akan terwujud jika kita masih tetap menekankan mimpi itu dalam hati kita, dan mewujudkannya dengan cara usaha sekuat mungkin. Hidup itu adalah perjuangan dan pengorbanan yang akan kita capai hasilnya ketika kita sudah berada di alam lain yaitu alam yang kekal. Yaitu alam setelah kita meninggalkan dunia ini. Kita harus memulai semuanya dari sekarang. Merancang mimpi yang akan kita wujudkan kedepannya, dan kita harus yakin bahwa tidak ada harapan yang sia-sia.
                Lagi pula pembuktian cinta itu gak harus pake ciuman, pelukan, dan lain sebagainya. Sebagai cewek kita harus hati-hati, kita harus bisa membedakan mana yang bener-bener cinta, dan mana yang Cuma cinta fisik. Cinta di zaman sekarang itu banyak kebohongan, mungkin di zaman sekarang ini, jumlahnya sudah tinggal sedikit untuk orang-orang yang mempunyai hati yang tulus dalam mencinta. Kita sebagai kaum perempuan, jangan pernah mudah tergoda oleh rayuan gombal seorang pria. Karena apabila seorang wanita sudah masuk ke dalam lubang tipu daya seorang pria, maka kemungkinan besar wanita tersebut akan hancur hidupnya. Karena apa, perempuan itu akan selalu menimbulkan bekas dalam hidupnya, tidak seperti pria.
                Tapi bukan berarti semua pria zaman sekarang merupakan pria yang suka memanfaatkan keindahan wanita. Masih cukup banyak pria yang bisa mencintai seorang wanita dengan hati yang benar-benar tulus. Masih banyak juga pria yang mampu melindungi wanita dengan sepenuh jiwa raga.
                Aku sering melihat realita yang terjadi di zaman sekarang, banyak sekali orang yang yang mencintai seseorang tidak sepenuhnya karena orang tersebut mencintai orang itu, tapi banyak berbagai hal ikut mendasari rasa cintanya.
                Kita harus merangkai mimpi kita setinggi-tingginya dan seindah-indahnya, jangan pernah pedulikan omomgan orang lain yang tujuannya mematahkan semangat kita. Kita harus menjadi orang yang berprinsip, kita harus yakin bahwa mimpi yang sedang kita rangkai adalah masa depan yang akan kita gapai.
                Terkadang aku sering tidak habis fikir, banyak orang yang bilang “kalo mimpi jangan ketinggian”, ya tuhan, aku fikir orang yang demikian itu adalah orang yang tidak ingin maju dalam hidupnya. Lagian mimpi itu adalah hal yang paling murah di dunia ini, walaupun kita mimpi sebesar apapun, tapi kita tidak pernah membayar biaya yang harus dikeluarkan untuk bermimpi. Menurutku, buat orang-oranmg yang masih berpandangan demikian, coba deh rubah cara fikir seperti itu, karena mimpi itu bagaikan suatu planning gambaran dari suatu tujuan yang akan kamu gapai.
                Coba deh kita belajar dari pengalaman dari orang-orang yang udah maju, rata-rata mereka maju karena mereka telah merencanakannya dari awal. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga dari awal. Apabila kita sudah memiliki rencana yang akan kita capai, maka secara otomatis kita kan mengusahakan segala planning kita agar bisa terwujud.
                Sebagai contoh, apabila ada seorang pria yang mencintai wanita dengan cinta yang benar-benar dalam, maka dia akan berusaha dengan cara apapun agar dia mendapatkan wanita tersebut. Makanya, itu adalah intinya kenapa kita harus mempunyai mimpi dan harapan serta rencana dari awal.
                Sekarang kita harus bisa berfikir, hidup itu adalah rancangan, hidup itu rencana, hidup itu tujuan, dan hidup itu gak bisa dianggap sepele. Kita hidup di dunia ini harus menempuh berbagai perjuangan. Jangankan kita yang merupakan manusia. Hewanpun memerlukan perjuangan untuk bisa hidup.
                Tapi, walaupun kita harus selalu berjuang untuk kehidupan kita, kita juga harus inget, bahwa kita hidup di dunia ini Cuma sekali. Jangan sampe kita tidak bisa menikmati sisa kehidupan kita yang tinggal sekejap ini. Maksudnya, kita harus bisa membuat diri kita senang dan nyaman. Tapi dalam tanda kutip ya........
                Contohnya, kalau kita pengen membeli sesuatu barang, kalau emang kita mampu beli, kenapa gak dibeli, namun harus masih dalam batas wajar. Uang yang kita punya jangan kita simpen aja, soalnya uang itu gak akan dibawa mati.
                Kalau buat anak pelajar zaman sekarang, sebenernya gak masalah kalau kalian udah mulai menjalin hubungan seperti pacaran. Tapi jangan pernah lupakan norma yang telah berlaku di indonesia sejak dari dulu, karena hal tersebut merupakan termasuk warisan leluhur indonesia. Pacaran boleh-boleh aja, tapi harus masih dalam batas wajar. Mungkin buat anak zaman sekarang, kalo anak sekolah masih belum pacaran, pasti anak tersebut dibilang cupu, culun, atau gak laku. Padahal itu semua mungkin aja gak bener.
                Mungkin untuk sebagian orang, seorang pacar itu memang diperluin, alasannya buat jadi penyemangat, and buat ngilangin stres. Tapi kalo aku sich berpendapat kalo pacaran itu belum penting buat anak pelajar, soalnya pasti akan menggagu pelajarannya, dan kalo orang pacaran terus putus ntar bisa jadi sakit hati, terus hilang gairah hidup. Kalo udah begitu malah akan susah.
                Tapi aku sich gak masalah kalo ada sebagian orang yang berpendapat kalau pacaran penting, karena setiap orang itu berbeda-beda. Di dunia ini ada banyak karakter orang, dan tipe manusia. Jadi, pasti akan banyak pemikiran yang berbeda-beda dari setiap individu.
                Begitu juga dengan hal yang lain, di dunia ada banyak perbedaan. Kita sebagai manusia, dalam menjalani kehidupan tidak mungkin berjalan secara mulus, karena setiap perjalanan pasti ada rintangan atau cobaan yang menghadang. Begitu juga dengan kehidupan. Kehidupan itu akan dipenuhi dengan kerikil-kerikil yang menghadang. Hal tersebut janganlah dijadikan beban, tetapi jadikanlah menjadi sebuah warna dalam hidup. Jangan pernah menganggap suatu permasalahan itu tidak bisa dihadapi dan diatasi. Karena kita harus mengingat bahwa TUHAN tidak mungkin memberikan cobaan di atas batas kemampuan umatnya.
                Mungkin dalam kehidupan kita, kita akan selalu menemukan suatu permasalahan yang sifatnya mendukung ataupun menentang, pro ataupun kontra. Hal tersebut sangatlah wajar. Karena mengingat bahwa seperti penjelasan diatas, bahwa manusia di dunia ini memilki berbagai tipe dan karakter yang berbeda-beda, sehingga akan menimbulkan berbagai pemikiran-pemikiran yang berbeda. Jadi kita janganlah pernah takut apabila dalam melangkah mmenjalani kehidupan kan ada banyak orang yang menentang anda. Usahakan yang terbaik untuk diri anda dan orang lain. Dan usahakan untuk selalu mengikuti kata hati anda, karena kata hati anda insyaallah akan memberikan yang terbaik untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar